Keramik Lantai Dipasang Dinding
Bisakah Keramik Lantai Dipasang Di Dinding Atau Sebaliknya? Top Mortar Perekat Keramik Jawabannya
Keramik Lantai Dipasang Dinding
Bisakah Keramik Lantai Dipasang Di Dinding Atau Sebaliknya? Top Mortar Perekat Keramik Jawabannya

Keramik merupakan salah satu material bangunan yang sering kita jumpai untuk kebutuhan mempercantik lantai dan juga dinding rumah. Banyaknya varian warna, motif serta harga yang relative terjangkau membuat keramik diminati masyarakat sebagai material lantai dan dinding. Meskipun keramik lantai dan keramik dinding terbuat dari bahan yang serupa, ternyata kedua material tersebut memiliki perbedaan karakteristik dan juga penggunaannya lo, kali ini kita akan membahas apakah Bisa Keramik Lantai Dipasang di Dinding?

Tapi sebelum Membahasnya, yuk kenali perbedaan antara keramik lantai dan keramik dinding.

Apa Itu Keramik Lantai?

Keramik lantai adalah jenis keramik yang dibuat secara khusus untuk digunakan sebagai penutup lantai pada berbagai ruangan suatu bangunan, baik digunakan untuk interior ataupun eksterior.

Keramik lantai memiliki berbagai pilihan tekstur permukaan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan kondisi ruangan.

Sebagai contoh, keramik lantai untuk kamar mandi memiliki tektur permukaan yang kasar. Hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko tergelincir saat lantai dalam kondisi basah atau lembap. Oleh sebab itu, pemasangan keramik pada area lembap seperti kamar mandi harus menggunakan perekat keramik khusus untuk area lembap agar keramik tidak mudah lepas dan awet tahan lama. Gunakan Top Mortar Perekat Keramik Super.

Dan untuk pemasangan keramik di area basah seperti kolam renang dan bak penampungan, gunakanlah Top Mortar Perekat Keramik Premium.

Sedangkan keramik lantai yang pada umumnya digunakan di lobby hotel, ruang keluarga, ruang tamu dan kamar tidur memiliki permukaan yang lebih halus serta mengkilap memancarkan keindahan. Untuk menghemat biaya pemasangan dan mempercepat proses pengerjaan sekaligus mendapatkan hasil yang bersih dan rapi, gunakanlah Top Mortar Perekat Keramik Ultra.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa keramik lantai umumnya lebih tebal serta tahan terhadap kerusakan, goresan serta dapat menahan beban berat seperti aktifitas penghuni rumah dan juga furniture. Keramik lantai hadir dalam beragam desain, warna dan juga motif untuk memberikan pilihan dekoratif yang sesuai dengan selera dan kebutuhan fungsional ruangan rumah anda.

Apa Itu Keramik Dinding?

Keramik Dinding adalah jenis keramik yang dibuat secara khusus untuk dipasang pada dinding interior ataupun eksterior. Jenis material ini tersedia dalam beragam pilihan desain serta memiliki permukaan yang lebih halus dan lebih tipis daripada keramik lantai.

Keramik dinding memiliki permukaan yang lebih halus serta datar agar lebih mudah dibersihkan sekaligus memberikan kesan estetik pada dinding dan sangat cocok digunakan di berbagai ruangan seperti lobby hotel, kantor, ruang tamu, kamar mandi, dapur dan area lainnya.

Penggunaan perekat khusus sangat diperlukan untuk memasang keramik dinding supaya keramik tidak mudah lepas dan awet tahan lama. Oleh karena itu, gunakan Top Mortar Perekat Keramik untuk mendapatkan hasil keramik dinding yang rapi, kokoh dan memuaskan.

Apakah Keramik Lantai Bisa Dipasang Di Dinding?

Secara teori, keramik lantai bisa dipasang di dinding. Akan tetapi, tidak berlaku sebaliknya.

Keramik dinding sebaiknya tidak dipasang di lantai sebab sifatnya sangat rapuh sehingga rawan retak bahkan pecah. Selain memiliki sifat yang lebih rapuh, keramik dinding juga memiliki permukaan yang lebih halus serta mengkilap sehingga apabila dipasang di lantai, lantai akan menjadi licin.

Pada dasarnya, keramik dinding dirancang untuk melindungi dinding dan keperluan estetika sehingga material ini tidak cukup kuat menahan tekanan di lantai.

Nah, demikianlah penjelasan tentang perbedaan keramik lantai dan keramik dinding sekaligus mengetahui apakah keramik lantai bisa dipasang di dinding atau tidak.

Semoga penjelasan berikut dapat menambah wawasan serta menjadi inspirasi ide renovasi rumah anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here