rumus jitu menentukan tinggi plafon rumah

Dalam menentukan tinggi plafon rumah terdapat beberapa hal penting yang perlu anda perhatikan sebagai pertimbangan saat menentukan tinggi plafon rumah atau bangunan. Sebagai salah satu elemen pada rumah atau bangunan, secara arsitektural plafon memiliki fungsi sebagai batas atas sebuah ruang. Selain itu, plafon juga memiliki fungsi secara estetika yaitu untuk menutupi struktur atap agar ruangan terlihat rapi dan bersih.

Secara umum terdapat dua jenis plafon yaitu plafon terbuka (expose ceiling) dan plafon tertutup yang mana digunakan sesuai kebutuhan pemilik rumah / bangunan.

Nah, Sebelum menentukan tinggi plafon untuk rumah / bangunan anda, ada baiknya memperhatikan beberapa hal sebagai berikut: iklim, sirkulasi udara dan pencahayaan, fungsi ruang (ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, dapur dll), proporsi (tingkat kenyamanan) dan estimasi biaya yang ditentukan.

Berikut faktor penting yang perlu diperhatikan untuk menentukan tinggi plafon rumah / bangunan:

  1. Jarak Lantai Dengan Plafon

Di Indonesia, rata – rata rumah yang terletak di daerah suhu dingin memiliki jarak antara lantai dengan plafon adalah 2,8 – 3,2 meter dan 2,4 – 2,5 meter. Sedangkan pada jarak lantai dengan plafon pada rumah yang berada di daerah suhu panas berkisar antara 2,8 hingga 3,5 meter.

  • Tinggi Plafon Menurut Fungsi Ruang

Fungsi suatu ruangan juga menentukan seberapa tinggi plafon yang dibuthkan untuk ruangan tersebut. Ruangan yang difungsikan untuk bisa menampung orang banyak / aktivitas publik seperti: ruang keluarga, ruang tamu dan ruang makan membutuhkan tinggi plafon 3 – 5 meter, sedangkan untuk Aula membutuhkan tinggi plafon sekitar 5 meter.

Untuk tinggi plafon pada ruangan yang tidak difungsikan menampung orang banyak seperti, ruangan kerja, kamar tidur dan kamar mandi, anda bisa menggunakan jarak plafon yang lebih rendah dari tinggi plafon ruang tamu / ruang keluarga yang telah dibahas sebelumnya.

  • Tinggi Plafon Menurut Proporsi Ruang

Faktor penting lainnya yang juga perlu diperhatikan saat menentukan tinggi plafon / langit – langit suatu ruangan yaitu pertimbangan dari segi proporsi ruang. Hal tersebut perlu dipertimbangkan karena sangat berpengaruh terhadap tingkat kenyamaan serta estetika ruangan.

Misalkan, apabila anda menerapkan langit – langit / plafon yang tinggi maka ruangan akan lebih luas dan memungkinkan lebih banyak udara yang masuk sehingga sirkulasi di ruangan tersebut lebih lancar. Selain penerapan plafon yang tinggi, rumah akan terasa lebih nyaman serta cerah apabila anda juga menggunakan jendela berukuran besar supaya cahaya alami lebih mudah masuk ke dalam rumah.

Anda juga bisa menerapkan desain plafon drop ceiling yang menjadikan plafon terlihat seolah memiliki tingkat ketinggian berbeda yang digunakan untuk menambah estetika rumah anda.

  • Estimasi Biaya

Semakin tinggi plafon rumah / bangunan maka biaya yang diperlukan juga lebih banyak karena sudah bisa dipastikan tinggi dinding rumah / bangunan juga harus menyesuaikan dengan tinggi plafon yang diiinginkan. Selain membutuhkan material yang lebih banyak, konstruksi langit – langit / plafon yang tinggi membutuhkan keahlian serta perhitungan yang cermat untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Alangkah baiknya sebelum anda memutuskan untuk membangun langit – langit / plafon, carilah informasi atau konsultasikan dengan ahlinya mengenai estimasi biaya yang dibutuhkan.

Rumus Menentukan Tinggi Plafon Rumah

Setelah anda memperhatikan beberapa faktor penting diatas, mari sekarang kita hitung bersama berapakah tinggi plafon yang ideal untuk rumah anda.

Gunakan cara menambahkan panjang ruang dan lebar ruang lalu dibagi 2.

Rumus Menghitung Tinggi Plafon

(Panjang Ruangan + Lebar Ruangan) : 2 = Tinggi Plafon Ideal

Contoh, ruang keluarga di rumah anda memiliki panjang 4 meter dan lebar 3 meter. Dengan menggunakan rumus tersebut, maka tinggi ideal plafon rumah anda ialah:

  • (4 meter + 3 meter) : 2
  • 7 meter : 2 = 3,5 meter

Dengan perhitungan tersebut maka tinggi ideal plafon yang dibutuhkan untuk ruang keluarga di rumah anda adalah 3,5 meter. Demikian rumus jitu untuk menentukan tinggi langit – langit / plafon rumah / bangunan lengkap dengan beberapa faktor pendukungnya. Semoga artikel berikutbisa menjadi inspirasi dan menambah wawasan anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here