Perbaiki Dinding Keropos Dengan Top Mortar Acian Plesteran
Perbaiki Dinding Keropos Dengan Top Mortar Acian Plesteran

Perlu anda ketahui bahwa seiring berjalannya waktu, beberapa permasalahan dapat timbul pada dinding rumah yang telah termakan usia. Dinding yang berusia cukup lama akan sangat rawan mengalami kerusakan seperti keropos atau mengelupas, Kondisi tersebut sebaiknya segera ditanggulangi dengan cara melakukan perawatan secara berkala untuk memperbaiki bagian dinding yang rusak.

Dinding keropos secara umum terjadi akibat kualitas material plesteran / acian atau bisa juga saat proses mengaci / plester yang kurang tepat cara pengerjaannya, terutama pada permasalahan keropos permukaan.

Yang dimaksug keropos atau kopong pada pembahasan kali ini adalah ketika dinding kita ketuk – ketuk mengeluarkan bunyi gaung, hal tersebut karena struktur dinding kurang padat.

Sedangkan permasalahan dinding keropos struktur, dapat terjadi karena adukan semen yang tidak sempurna. Jika struktur dinding yang mengalami keropos, mau tidak mau anda harus menggantinya dengan struktur dinding yang baru supaya struktur bangunan rumah tetap aman.

Untuk mengatasi permasalahan dinding rumah yang keropos secara permukaan, anda dapat menggunakan cara sebagai berikut.

Cara Memperbaiki Dinding Keropos

Alat Dan Bahan Yang Dibutuhkan

  • Top Mortar
  • Sendok Semen
  • Jidar
  • Kuas
  • Trowel
  • Palu
  • Pahat / Tatah
  1. Membobok / Melubangi Dinding Yang Keropos

Gunakan palu dan pahat / tatah untuk melubangi / membobok semua bagian dinding yang keropos / kopong. Lakukan langkah tersebut secara hati – hati agar tidak mengenai bagian dinding yang masih bagus.

  • Bersihkan Dinding

Bersihkan bekas bobokan / lubang dinding dengan menggunakan kuas untuk menghilangkan kotoran, debu dan serpihan material yang masih menempel pada permukaan dinding. Hal ini perlu dilakukan agar nantinya plesteran yang akan digunakan pada dinding dapat menempel dengan sempurna.

  • Gunakan Top Mortar

Campurkan air dan bubuk Top Mortar Acian Plesteran secukupnya ke dalam bak secara perlahan – lahan sambil diaduk dengan menggunakan sendok semen, aduk hingga tercampur rata. Setelah itu, basahi / lembabkan permukaan yang akan diplester dengan menggunakan air secukupnya sebelum mengoleskan adukan Top Mortar Acian Plesteran.

Hal tersebut dilakukan agar adukan plester dapat menempel dengan sempurna.

Setelah permukaan dinding dibasahi / lembab, gunakan trowel untuk meratakan adukan Top Mortar Acian Plesteran pada permukaan dinding yang keropos dan biarkan hingga kering. Setelah lapisan pertama kering, ratakan kembali adukan Top Mortar sambil ditekan hingga permukaan lapisan menjadi padat.

Pergunakan alat jidar untuk meluruskan permukaan adukan plester pada dinding.

Lalu ratakan permukaan plester dengan menggunakan trowel untuk menghaluskan permukaan plesteran. Apabila plesteran sudah halus dan mulai kering, anda juga dapat mengoleskan Top Mortar Render pada permukaan plesteran sebelum tembok siap di cat.

Gunakan produk berkualitas dari Top Mortar untuk memperkokoh bangunan rumah anda.

Nah mudah bukan untuk Perbaiki Dinding Keropos Dengan Top Mortar, Semoga tips kali ini bermanfaat dan dapat membantu kebutuhan anda untuk merawat dinding rumah.

Klik disini dan konsultasikan kebutuhan bangunan anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here