atap bocor

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab atap rumah bocor dan membuat rumah anda lembab serta tergenang air. Saat musim hujan tiba adalah masa dimana kualitas bangunan diuji ketahanannya. Oleh karena itu, diperlukan solusi mengatasi atap bocor yang benar – benar tepat dan jitu.

Permasalahan utama yang sering kita jumpai saat hujan yaitu kebocoran. Tentunya bagian rumah yang mengalami kebocoran adalah atap, karena atap merupakan bagian rumah yang berhadapan langsung dengan air hujan.

Kebocoran pada atap tidak hanya dikarenakan dari kesalahan pada desain atap, tata letak, ataupun kemiringan atap. Kebocoran acap kali terjadi karena kesalahan dalam mengaplikasikan material. Pemasangan material atap yang tidak sesuai prosedur sangat memungkinkan menjadi masalah kebocoran atap rumah.

Contoh, kemiringan atap genting memerlukan minimal 35 derajat, atap alang -alang yang membutuhkan banyak lapisan supaya tidak bocor, atau atap dak beton yang memerlukan system drainase yang baik. Meskipun kebocoran atap hanya sedikit, jika tidak segera ditanggulangi maka lama – kelamaan akan menimbulkan permasalahan pada bagian lainnya yang berada di bawah atap.

Bagian lain yang rawan terdampak pada kebocoran atap yaitu plafon atau langit – langit. Kebocoran atap mengakibatkan munculnya bercak pada plafon, menjadi rusak ataupun jebol. Apalagi jenis plafon gypsum yang sangat rawan mengalami kebocoran.

Berikut beberapa faktor penyebab terjadinya kebocoran atap rumah secara umum:

  1. Terdapat bagian atap yang mengalami kerusakan atau berlubang, contoh; genting retak atau pecah, asbes retak atau berlubang dan lainnya.
  2. Tata letak atap kurang rapat sehingga terdapat celah rembesan, hal ini biasa terjadi terhadap atap genting.
  3. Tidak samanya ukuran kepingan atap. Hal ini menjadi salah satu faktor kebocoran karena mengapilasikan atap yang berbeda produsen atau merk. Disarankan gunakan kepingan atap dengan produsen atau merk yang sama untuk satu desain supaya hasil lebij maksimal.
  4. Terdapat retakan terhadap nok / kerpus pada atap genting.
  5. Saluran aliran air pada atap yang tersumbat kotoran atau sampah. Hal ini mengakibatkan terjadinya rembesan pada celah atap.
  6. Terlalu kecilnya ukuran pipa drainase yang mengakibatkan kurangnya daya tampung aliran air saat hujan lebat sehingga membuat air meluber.
  7. Material atap telah lapuk yang mengakibatkan terjadinya keropos pada atap. Sebagian besar material atap memang dirancang untuk bertahan selama beberapa decade saja. Pada akhirnya, daya tahan material akan memudar dan lebih rentan terhadap masuknya air.
  8. Tidak ditambalnya bekas pada paku, skrup, atau baut pada atap seng, asbes, spandek dan gavalum juga bisa mengakibatkan kebocoran.
  9. Terdapat kebocoran pada beton untuk atap dak / datar.
  10. Tingkat kemiringan atap yang kurang sesuai dengan jenis atap yang digunakan.
  11. Konstruksi atau rangka atap yang melengkung akibat terlalu beratnya material atap. Pemasangan rangka baja ringan dengan jarak rangka yang terlalu jauh serta ditambah penggunaan material atap jenis genting dapat mengakibatkan lengkungan pada rangka atap dan mengakibatkan terdapat celah pada atap.
  12. Volume talang air yang kurang dalam. Supaya talang air mampu menampung air saat hujan lebat, volume talang air harus cukup dalam atau cukup besar sehingga mampu menampung air hujan.
  13. Penggunaan material atap yang tidak sesuai terhadap kondisi daerah rumah juga mengakibatkan atap rumah bocor.
  14. Kurangnya perawatan pada lapisan waterproofing. Pada umumnya waterproofing merupakan cat pelapis kedap air bersifat elastis yang perlu diperbarui dalam jangka waktu tertentu sebelum mengeras dan rusak oleh cuaca.

Hal paling mendasar masalah kebocoran atap disebabkan terdapat celah pada atap sehingga terisi oleh air, baik itu dikarenakan curah hujan terlalu tinggi, kesalahan pada desain atap ataupun kelemahan daya tahan material yang digunakan. Selain memiliki kelebihan serta kekurangan tersendiri, setiap jenis atap juga memiliki cara pemasangan dan perawatan yang berbeda pula.

Demikian penyebab kebocoran pada atap rumah. Selain beberapa faktor yang tersebit diatas tentunya terdapat faktor lainnya. Dapatkan tips merawat rumah dan info terbaru seputar produk mortar berkualitas dan konsisten dari Top Mortar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here